Strategi Pembelajaran Keterampilan Berbicara Di Sekolah Dasar


Strategi Pembelajaran Keterampilan Berbicara Di Sekolah Dasar


A.               Pengertian Strategi Pembelajaran Berbicara
Strategi pembelajaran adalah suatu cara atau metode yag dilakukan oleh pendidikan (guru/dosen) terhadap peserta didik dalam upaya terjadinya perubahan pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotor.
Strategi keterampilan berbicara pada dasarnya merupakan sebuah cara yang digunakan oleh guru/dosen untuk membangun proses pembelajaran dengan memperhatikan seluruh komponen pembelajaran yang efektif untuk mendorong siswa mampu berkomunikasi dengan orang lain.

B.               Strategi Pembelajaran KSUPP (P)
KSUPP (P) merupakan suatu sarana keterampilan lisan yang berpusat pada siwa dengan suatu komponen menulis yang bersifat fakultatif (Tarigan,1990:152). Sebagai contoh penerapan strategi ini misalnya saja dalam pembelajaran menceritakan pengalaman yang paling mengesankan.
KSUPP (P) adalah singkatan dari kisahkan siapkan ulang pakai pamerkan pekerjaan rumah.

C.               Strategi Pembelajaran Kuantum
Sebagai contoh aplikasi pembeljaran kuantum adalah dalam pembelajaran menyampaikan pengumuman. Strategi Pelajaran kuantum diterapkan melalui metode diskusi dan tanya jawab dengan teknik sesama teman.
Metode, teknik, media dan penilaian tersebut terangkai dalam unsur-unsur kerangka (Tandur) perancangan pengajaran quantum teaching.

D.              Strategi Pembelajaran Kooperatif berbantu Objek Langsung
  Pembelajaran kooperatif adalah strategi pembelajaran yang berfokus pada penggunaan kelompok kecil dalam memaksimalkan kondosi belajar untuk mencapai tujuan belajar prosedur pembelajaran kooperatif pada prinsipnya terdiri atas empat tahap (Sanjaya. 2009.)2009:248), yaitu
1.         Penjelasan
2.         Belajar dalam Kelompok
3.         Penilaian dan
4.         Pengkuan Tim

E.               Pengakuan Pembelajaran Heuristik
Strategi ini diterapkan melalui metode penugasan, diskusi, tanya jawab, demonstrasi.
Teknik penilaiannya yang dapat digunakan adalah teknik penilaian tes untuk kerja secara individu. Strategi pembelajaran ini menggunakan media atau alat peraga berupa personal phatographi. Terdapat empat langkah pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa dalam pelaksanaan strategi ini.

F.                Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah
Pembelajaran berbasis masalah adalah salah satu bentuk pendekatan saintifik yang merupakan seperangkat model mengajar yang menggunakan masalah sebagai fokus untuk menggunakan keterampilan pemecahan masalah materi, dan pengaturan diri.
Pembelajaran berbasis masalah memiliki karakteristik sebgai berikut :
1.         Pembelajaran berfokus pada masalah
2.         Siswa memiliki peran tanggung jawab memecahkan masalah
3.   Guru berperab sebagai fasilitator yang mendukung saat siswa memecahkan masalah  enggen dan kauchak (2012:307).


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Artikel Keterampilan berbahasa (PENGERTIAN DAN MANFAAT KETRAMPILAN BERBAHASA, ASPEK-ASPEK KETRAMPILAN BERBAHASA,KETERKAITAN ANTARASPEK KETRAMPILAN BERBAHASA)

Strategi Pembelajaran Keterampilan Membaca di Sekolah Dasar