Strategi Pembelajaran Keterampilan Berbicara Di Sekolah Dasar
Strategi Pembelajaran Keterampilan
Berbicara Di Sekolah Dasar
A. Pengertian
Strategi Pembelajaran Berbicara
Strategi pembelajaran adalah suatu cara atau metode
yag dilakukan oleh pendidikan (guru/dosen) terhadap peserta didik dalam upaya
terjadinya perubahan pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotor.
Strategi
keterampilan berbicara pada dasarnya merupakan sebuah cara yang digunakan oleh
guru/dosen untuk membangun proses pembelajaran dengan memperhatikan seluruh
komponen pembelajaran yang efektif untuk mendorong siswa mampu berkomunikasi
dengan orang lain.
B. Strategi
Pembelajaran KSUPP (P)
KSUPP (P) merupakan suatu sarana keterampilan lisan
yang berpusat pada siwa dengan suatu komponen menulis yang bersifat fakultatif
(Tarigan,1990:152). Sebagai contoh penerapan strategi ini misalnya saja dalam
pembelajaran menceritakan pengalaman yang paling mengesankan.
KSUPP
(P) adalah singkatan dari kisahkan siapkan ulang pakai pamerkan pekerjaan
rumah.
C. Strategi
Pembelajaran Kuantum
Sebagai contoh aplikasi pembeljaran kuantum adalah
dalam pembelajaran menyampaikan pengumuman. Strategi Pelajaran kuantum
diterapkan melalui metode diskusi dan tanya jawab dengan teknik sesama teman.
Metode,
teknik, media dan penilaian tersebut terangkai dalam unsur-unsur kerangka
(Tandur) perancangan pengajaran quantum teaching.
D. Strategi
Pembelajaran Kooperatif berbantu Objek Langsung
Pembelajaran kooperatif adalah strategi pembelajaran
yang berfokus pada penggunaan kelompok kecil dalam memaksimalkan kondosi
belajar untuk mencapai tujuan belajar prosedur pembelajaran kooperatif pada
prinsipnya terdiri atas empat tahap (Sanjaya. 2009.)2009:248), yaitu
1.
Penjelasan
2.
Belajar dalam Kelompok
3.
Penilaian dan
4.
Pengkuan Tim
E. Pengakuan
Pembelajaran Heuristik
Strategi ini diterapkan melalui metode penugasan,
diskusi, tanya jawab, demonstrasi.
Teknik
penilaiannya yang dapat digunakan adalah teknik penilaian tes untuk kerja
secara individu. Strategi pembelajaran ini menggunakan media atau alat peraga
berupa personal phatographi. Terdapat empat langkah pembelajaran yang dilakukan
oleh guru dan siswa dalam pelaksanaan strategi ini.
F. Strategi
Pembelajaran Berbasis Masalah
Pembelajaran berbasis masalah adalah salah satu
bentuk pendekatan saintifik yang merupakan seperangkat model mengajar yang
menggunakan masalah sebagai fokus untuk menggunakan keterampilan pemecahan
masalah materi, dan pengaturan diri.
Pembelajaran
berbasis masalah memiliki karakteristik sebgai berikut :
1.
Pembelajaran berfokus pada masalah
2.
Siswa memiliki peran tanggung jawab
memecahkan masalah
3. Guru berperab sebagai fasilitator yang
mendukung saat siswa memecahkan masalah enggen dan kauchak (2012:307).
Komentar
Posting Komentar