Strategi Pembelajaran Keterampilan Menulis di Sekolah Dasar
Strategi Pembelajaran Keterampilan
Menulis di Sekolah Dasar
A.
Pengertian
Strategi Pembelajaran Menulis
Strategi pembelajaran menulis adalah
suatu cara atau metode yang dilakukan oleh pendidika (guru/dosen)terhadap
peserta didik(siswa) dalan upaya terjadinya perubahan pada aspek
kognitif,afektif,dan psikomotor.
Ø Pembelajaran keterampilan menulis
berbasis proses menulis.
1. Teori
proses menulis
Menurut krisener dan
mandel:
Ø Proses menulis terdidi atas
tahap prapenulisan,penyusunan,penulisan serta berisi Merrimar (1967) dan
akhadiah dkk. (1994).
Proses
menlis terdiri atas tahap pranulis, penulisan draf dan revisi:
Ø Tahap-tahap dalam menulis
1. Prapenulisan
·
Penentuan topik
·
Pembatasan topik
·
Perumusan tujuan penulisan
·
Penentuan bahan
·
Penyusunan kerangka tulisan
2. Penulisan
draf
·
Setelah kerangka tersusun dengan tepat
dan bahan juga telah terkumpul lengkap,maka akan diungkapkan menjadi sebuah
tulisan (draf) yang utuh.
3. Revisi
tulisan
·
Kegiatan ini bertujuan agar tulisan yang
dihasilkan berkualitas baik. Puisi sebuah tulisan bisa mencakup isi,retarika
dan juga kebahasan.
Prinsip proses menulis
Tahap I: Perencanaan:
a. Topik tulisan
b. Penentuan bahan
c. kerangka
Tahap II: Penulisan
draf: a. Pendahuluan
b. isi
c. Penutup
d. Referensi
Tahap III: Revisi tulisan: a. Isi
b. Petarika
c. Kebahasan
d. Mekarikal
Pembelajaran keterampilan menulis berbasis tepri pemerolehan bahasa.
1.
Teori pemerolehan bahasa
Ø
Behaliarrestik
Ø
Mentalistik
Ø
Bialystik
2.
Menulis berbasis teori pemerolehan
bahasa.
Ø
Prinsip penemuan
Ø
Prinsip penguatan
Ø
Prinsip potensi bawaan anak
Ø
Penyediaan masukkan yang baik
Komentar
Posting Komentar