Strategi Pembelajaran Keterampilan Menulis di Sekolah Dasar


Strategi Pembelajaran Keterampilan Menulis di Sekolah Dasar


A.                 Pengertian Strategi Pembelajaran Menulis
Strategi pembelajaran menulis adalah suatu cara atau metode yang dilakukan oleh pendidika (guru/dosen)terhadap peserta didik(siswa) dalan upaya terjadinya perubahan pada aspek kognitif,afektif,dan psikomotor.
Ø  Pembelajaran keterampilan menulis berbasis proses menulis.
1.      Teori proses menulis
Menurut krisener dan mandel:
Ø  Proses menulis terdidi atas tahap prapenulisan,penyusunan,penulisan serta berisi Merrimar (1967) dan akhadiah dkk. (1994).
Proses menlis terdiri atas tahap pranulis, penulisan draf dan revisi:
Ø  Tahap-tahap dalam menulis
1.      Prapenulisan
·         Penentuan topik
·         Pembatasan topik
·         Perumusan tujuan penulisan
·         Penentuan bahan
·         Penyusunan kerangka tulisan
2.      Penulisan draf
·         Setelah kerangka tersusun dengan tepat dan bahan juga telah terkumpul lengkap,maka akan diungkapkan menjadi sebuah tulisan (draf) yang utuh.
3.      Revisi tulisan
·         Kegiatan ini bertujuan agar tulisan yang dihasilkan berkualitas baik. Puisi sebuah tulisan bisa mencakup isi,retarika dan juga kebahasan.
Prinsip proses menulis
Tahap I: Perencanaan: a. Topik tulisan
  b. Penentuan bahan
  c. kerangka
                        Tahap II: Penulisan draf: a. Pendahuluan
 b. isi
 c. Penutup
                                                                 d. Referensi
           

            Tahap III: Revisi tulisan: a. Isi
                                                                 b. Petarika
                                                                 c. Kebahasan
                                                                 d. Mekarikal
                   Pembelajaran keterampilan menulis berbasis tepri pemerolehan bahasa.
1.      Teori pemerolehan bahasa
Ø  Behaliarrestik
Ø  Mentalistik
Ø  Bialystik
2.      Menulis berbasis teori pemerolehan bahasa.
Ø  Prinsip penemuan
Ø  Prinsip penguatan
Ø  Prinsip potensi bawaan anak
Ø  Penyediaan masukkan yang baik
                                                           

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Artikel Keterampilan berbahasa (PENGERTIAN DAN MANFAAT KETRAMPILAN BERBAHASA, ASPEK-ASPEK KETRAMPILAN BERBAHASA,KETERKAITAN ANTARASPEK KETRAMPILAN BERBAHASA)

Strategi Pembelajaran Keterampilan Membaca di Sekolah Dasar

Strategi Pembelajaran Keterampilan Berbicara Di Sekolah Dasar