Hakikat Membaca Dan Membaca Sebagai Proses


Hakikat Membaca dan Proses Membaca




Membaca menduduki posisi serta peran yang sangat penting dalam konteks kehidupan umat manusia,terlebih pada era reformasi dan komunikasi seperti sekarang ini. Membaca juga merupakan sebuah jambatan bagi siapa saja dan dimana saja yang berkeinginan meraih kemajuan dan kesuksesan,baik dilingkungan dunia persekolahan maupun di dunia pekerjaan.
Bagi masyarakat yang hidup dalam babakan pasca industri atau yang lazim disebut era sumber daya manusia atau era sibermatika seperti sekarang ini keahlian membaca dan menulis atau yang lazim disebut literacy memang telah dirasakan sebagai canditon sine guanom alias masyarakat mutlak yang tidak tepat ditawar-tawar lagi. Sebagai sebuah bukti konon para ahli ekonomi telah membuat perkiraan bahwa menemukan alam yang sedang bekerja,dan berbicara tentang pengalamannya. Kita dapat membuat proyeksi bahwa kelas yang dipimpin jemiings itu merupakan lingkungan yang visual,memperkarya dan merangsang. Yang bertuju pada buku,ide,dan pengalaman semua proses pembentukan pengaaman menjadi bingkai perkenalan jemmings dengan membaca.
Lain halnya kelas yang dipimpin oleh falesch dan firies yang lebih menghubungkan membaca sebagai proses mengenali lambang-lambang tulisan. Boleh saja jadi kelas mereka akan penuh dengan bahan fonik. Mungkin da akan menitik beratkan perhatiannya pada menolog anak membaca huruf, mengenal bunyi huruf menyatukan huruf menjadi kata-kata dan akhirnya menjadi pembaca yang bebas .
Sedangkan kelas goodman lebih menghubungkan penguasaa bahasa si pembelajar saat membaca,mungkin akan mengalahkan wisata,kunjungan ke berbagai tempat hewan peliharaan dan mencari pengalaman dalam percobaan sains kepada para peserta didiknya dia juga Mungkin memberikan pembelajaran dengan tangan dikte dan perrcaya bahwa anak-anak akan belajar memproduksi kata-kata, pikiran dan pola-pola yang merekan kenal itu lebih cepat lagi dengan pemahaman yang lebih tinggi. Goodman diperkirakan dapat menerima membaca sebagai rekonstruksi pikiran dan makan kalimat tidak terlalu memperhatikan pengucapannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Artikel Keterampilan berbahasa (PENGERTIAN DAN MANFAAT KETRAMPILAN BERBAHASA, ASPEK-ASPEK KETRAMPILAN BERBAHASA,KETERKAITAN ANTARASPEK KETRAMPILAN BERBAHASA)

Strategi Pembelajaran Keterampilan Membaca di Sekolah Dasar

Strategi Pembelajaran Keterampilan Berbicara Di Sekolah Dasar