Artikel Keterampilan berbahasa (PENGERTIAN DAN MANFAAT KETRAMPILAN BERBAHASA, ASPEK-ASPEK KETRAMPILAN BERBAHASA,KETERKAITAN ANTARASPEK KETRAMPILAN BERBAHASA)
NAMA
: YEYEN MANILA SYAFIA
NIM
: A1D117021
RUANG
: R001 SEMESTER 3
MATA
KULIAH : KETERAMPILAN BERBAHASA
DOSEN
PENGAMPU : Drs. MARYONO, M.Pd.
AGUNG RIMBA KURNIAWAN, S.Pd., M.Pd.
MATERI I
PENGERTIAN DAN MANFAAT KETRAMPILAN BERBAHASA,
ASPEK-ASPEK KETRAMPILAN BERBAHASA,KETERKAITAN ANTARASPEK KETRAMPILAN BERBAHASA
A.
Pengertian
keterampilan berbahasa
Keterampilan
berbahasa adalah kemampuan dan kecakapan menggunakan menggunakan bahas yang
dapat meliputi mendengar atau menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Keterampilan
berbahasa dibagi menjadi 2, yaitu lisan dan tulis. Lisan meliputi menyimak dan
berbicara, sedangkan keterampilan berbahasa tulis meliputi membaca dan menulis.
B.
Manfaat
keterampilan berbahasa
Manfaat
ketrampilan berbahasa ini adalah kita dapat mengungkapkan pikiran,
mengekspresikan perasaan dan dapat melaporkan fakta-fakta yang kita amati,
serta dapat memahami pikiran perasaan, gagasan, dan fakta yang disampaikan
orang kepada kita.
C.
Aspek-aspek
keterampilan berbahasa
Keterampilan
berbahasa terdiri atas 4 aspek, yakni keterampilan mendengarkan dan berbicara
merupakan aspek keterampilan berbahasa ragam lisan, sedangkan membaca dan
menulis merupakan keterampilan berbahasa ragam tulis. Mendengarkan dan membaca merupakan ketrampilan berbahsa yang
bersifat reseptif, sedangkan berbicara dan menulis bersifat produktif. Untuk
menguasai sejumlah aspek keterampilan tersebut.
D.
Keterkaitan
antar aspek keterampilan berbahasa
Berbicara
dan mendengarkan/menyimak merupakan dua aspek ketrampilan berbahsa lisan yang
berkaitan erat. Berbicara bersifat produktif, sedangkan mendengarkan atau
menyimak bersifat reseptif. Dua aspek ketrampilan bahasa lainnya, yaitu menulis
dan membaca. Keduanya merupakan jenis ketrampilan berbahasa yang bersifat
produktif, sedangkan membaca bersifat reseptif.
Dalam pementasan
atau belajar suatu bahasa ketrampilan berbahasa jenis reseptif tampak banyak
mendukung pemerolehan bahsa jenis produktif. Dalam suatu peristiwa komunikasi
tulis. Dalam aktivitas berkomunikasi, keempat aspek ketrampilan berbahasa itu
tidak digunakan secara tunggal, melainkan secara bersama-sama guna mencapai
tujuan komunikasi.
Komentar
Posting Komentar