Strategi Pembelajaran Keterampilan Membaca di Sekolah Dasar
Strategi Pembelajaran Keterampilan
Membaca di Sekolah Dasar
a.
Pengertian
Strategi membaca adalh cara atau teknik
(dalam membaca) untuk menyerap informasi yang ditampilkan melalui media tulis.
Strategi membaca digunakan pembaca untuk memperoleh pesan dari bacaan yang
dibaca. Pembaca yang baik akan seri ng menggunakan strategi membaca ini.
b.
Metode
Pembelajaran SQ3R
SQ3R merupakan metode yang telaah tugas
yang merupakan salah satu metode pengajaran membaca yang digunakan dalam kelas
tingkat lanjut.
·
S artinya survei
·
Q artinys question atau tanya
·
R artinya read atau baca
Tahapan
dalam kegiatan membaca SQ3R adalah:
1. Survey
2. Question
3. Read
4. Recit
e.
c.
Membaca
Cepat
Tarigan(1987) memberi pengertian bahwa
membaca cepat adalah membaca segala sesuatu secara cepat sebagai membaca segala
sesuatu secara cepat dengan teliti dengan maksud untuk menemukan informasi
tertentu yang diinginkan dari bacaan tersebut. Membaca cepat yang baik terdiri
dari 8000-1000 kata dalam satu menit.
d.
Serambel
Serambel merupakan sejenis permainan
anak-anak yang pada dasarnya merupakan latihan pengembangan dan peningkatan
wawasan pemilihan kosa kata dan huruf-huruf yang tersedia. Metode ini
menghendaki siswa untuk melakukan penyusunan atau pengurutan suatu struktur
bahasa yang sebelumnya dengan sengaja telah diacak susunannya.
e.
Isian
Rumpang
Dalam fungsinya sebagai alat ejaan
membaca, prosedur isian rumpang sangat bermanfaat untuk meningkatkan
keterampilan baca siswa. Fungsi utamanya adalah sebagai alat ukur dan bahan
ajar. Proses kerjanya berupa penyajian suatu wacana yang secara sengaja
dirumpangkan.
f.
Media
dan Penilaian Pembelajaran Membaca
1. Media:
·
Media massa atau surat kabar
·
Buku fiksi atau non fiksi
2. Penilaian
Keterampilan Membaca:
·
Hal-hal yang harus ada dinilai dalam
membaca
·
Cara menilai keterampilan membaca siswa
·
Format penilaian membaca siswa
Komentar
Posting Komentar