Strategi Pembelajaran Keterampilan Membaca di Sekolah Dasar


Strategi Pembelajaran Keterampilan Membaca di Sekolah Dasar


a.             Pengertian
Strategi membaca adalh cara atau teknik (dalam membaca) untuk menyerap informasi yang ditampilkan melalui media tulis. Strategi membaca digunakan pembaca untuk memperoleh pesan dari bacaan yang dibaca. Pembaca yang baik akan seri ng menggunakan strategi membaca ini.
b.             Metode Pembelajaran SQ3R
SQ3R merupakan metode yang telaah tugas yang merupakan salah satu metode pengajaran membaca yang digunakan dalam kelas tingkat lanjut.
·         S artinya survei
·         Q artinys question atau tanya
·         R artinya read atau baca
Tahapan dalam kegiatan membaca SQ3R adalah:
1.      Survey
2.      Question
3.      Read
4.      Recit e.
c.              Membaca Cepat
Tarigan(1987) memberi pengertian bahwa membaca cepat adalah membaca segala sesuatu secara cepat sebagai membaca segala sesuatu secara cepat dengan teliti dengan maksud untuk menemukan informasi tertentu yang diinginkan dari bacaan tersebut. Membaca cepat yang baik terdiri dari 8000-1000 kata dalam satu menit.
d.             Serambel
Serambel merupakan sejenis permainan anak-anak yang pada dasarnya merupakan latihan pengembangan dan peningkatan wawasan pemilihan kosa kata dan huruf-huruf yang tersedia. Metode ini menghendaki siswa untuk melakukan penyusunan atau pengurutan suatu struktur bahasa yang sebelumnya dengan sengaja telah diacak susunannya.
e.              Isian Rumpang
Dalam fungsinya sebagai alat ejaan membaca, prosedur isian rumpang sangat bermanfaat untuk meningkatkan keterampilan baca siswa. Fungsi utamanya adalah sebagai alat ukur dan bahan ajar. Proses kerjanya berupa penyajian suatu wacana yang secara sengaja dirumpangkan.
f.              Media dan Penilaian Pembelajaran Membaca
1.      Media:
·         Media massa atau surat kabar
·         Buku fiksi atau non fiksi

2.      Penilaian Keterampilan Membaca:
·         Hal-hal yang harus ada dinilai dalam membaca
·         Cara menilai keterampilan membaca siswa
·         Format penilaian membaca siswa



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Artikel Keterampilan berbahasa (PENGERTIAN DAN MANFAAT KETRAMPILAN BERBAHASA, ASPEK-ASPEK KETRAMPILAN BERBAHASA,KETERKAITAN ANTARASPEK KETRAMPILAN BERBAHASA)

Strategi Pembelajaran Keterampilan Berbicara Di Sekolah Dasar