NAMA                                   :  YEYEN MANILA SYAFIA
NIM                                        :  A1D117021
RUANG                                 :  R001 SEMESTER 3
MATA KULIAH                  :  KETERAMPILAN BERBAHASA
DOSEN PENGAMPU         :  Drs. MARYONO, M.Pd.
                                                   AGUNG RIMBA KURNIAWAN, S.Pd., M.Pd.





MATERI III
STRATEGI PEMBELAJARAN MENYIMAK



A.      Pengertian strategi pembelajaran menyimak
Strategi merupakan suatu seni merancang kegiatan proses pembelajaran. Strategi pembelajaran bahasa adalah tindakan pengajaran melaksanakan rencana mengajar bahasa. Sedangkan strategi pembelajaran keteramilan menyimak adalah seni merancang tindakan pelaksanaan proses pembelajaran mengenai kemampuan menginformasikan kembali pemahaman melalui keterampilan berbicara maupun menulis.

B.       Menyimak dalam pengajaran bahasa
Ø   Proses mendengar dasar
Mendengar adalah mengasumsikan kepentingan yang jauh lebih baik dalam kelas-kelas behasa asing,inilah beberapa alasan pertumbuhan ini dalam popularitas. Dengan menekankan peran lampehersible input,penelitian penambahan bahasa kedua telah memberikan dorongan yang besar terhadap menyimak. Sebagaimana post (1994.PP.141-142) Menunjukkan menyimak vital dalam kelas bahasa karena hal tersebut menyediakan masukan bagi pelajaran. Tanpa mendengar pada tingkat yang benar pembelajaran yang mudah sekalipun tidak dapat dimulai menyimak adalah pokok dari berbicara.

C.      Hasil pembelajaran listening
Sejak tahun 1960. Pemeraktik menyamai pentingnya menyimak dan mulai mengatur waktu untuk mempraktikkan kemampuan. Format standar pelajaran menyimak yang berkembang pada saat ini:
1.         Pre-listening: mengajarkan terlebih dahulu kosa kata yang terdapat dalam bahasan.
2.         Listening: ektensif listening(diikuti dengan pernyataan umum penetapan konten) intensif listening(diikuti oleh pertanyaan konprehensif yang mendetail).
3.         Past listening: menganalisis bahasa teks.

D.      Menyimak di kehidupan nyata
Ø  Penggunaan alat pencipta waktu
Alat tersebut digunakan untuk menumbuhkan waktu bagi pembicara sehingga dia dapat menyusun apa yang akan dikatakan selanjutnya pada pidato sponton.
Ø  Penggunaan alat-alat fasilitas
Penggunaan kata sela adalah alat lain untuk memfasilitasi produksi pidato. Kelancaran dalam pidato berhubungan dengan rumus bahasa yang digunakan menyangkut dua hal mengingat urutan dan stem kalimat leksikal.
Ø  Penggunaan alat kompersasi
Tidak seperti teks tertulis ,percakapan tidak dapat diterima selama interaksi normal,kecepatan omongan umum danfakta bahwa kita tidak dapat menyuruk pembicara mengurangi omongannya sekali bagi berarti bahwa proses listening harus dilakukan dengan cepat.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Artikel Keterampilan berbahasa (PENGERTIAN DAN MANFAAT KETRAMPILAN BERBAHASA, ASPEK-ASPEK KETRAMPILAN BERBAHASA,KETERKAITAN ANTARASPEK KETRAMPILAN BERBAHASA)

Strategi Pembelajaran Keterampilan Membaca di Sekolah Dasar

Strategi Pembelajaran Keterampilan Berbicara Di Sekolah Dasar